Kenapa Keputihan Bisa Bikin Gatal? Bagaimana Mengatasinya?

Diposting pada

Keputihan memang lumrah terjadi pada wanita. Namun ketika keputihan gatal hingga membuat nyeri tentu akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari. Pastinya nggak nyaman banget kan kalau area Miss V terasa gatal karena keputihan? klik Cara Membersihkan Rahim Tanpa Kuret

Keputihan bisa menyebabkan gatal itu ada penyebabnya. Nah bila keputihan gatal dan berubah warna bisa jadi keputihan itu sudah tidak normal karena infeksi. Masalah ini pun terjadi bermula dari kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik.

“Pemicu awalnya adalah kondisi organ intim yang lembab, sehingga menjadi media yang baik untuk jamur dapat tumbuh. Membersihkan area intim sebaiknya tidak menggunakan sabun karena bersifat basa. Lebih baik dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai,” ungkap Dr. Rino Bonti Tri H. Shanti, SpOG dari Rumah Sakit Hermina Jatinegara, dalam diskusi “Pentingnya Menjaga dan Merawat Daerah Kewanitaan” yang diselenggarakan Resik V Godokan Sirih dari PT Kino Tbk., di Jakarta, 16 Oktober. klik Obat Buah Zakar Besar Sebelah

Dr Bonti  menyarankan sebaiknya menghindari douching yaitu menyemprotkan cairan khusus ke dalam vagina. “Lebih baik dibersihkan dengan air atau cairan khusus untuk organ intim yang aman,” ungkap dr. Bonti.

Vaginal douching hanya diberikan untuk infeksi berat di vagina, dan itu pun tidak digunakan secara rutin. Ada baiknya juga untuk memeriksakan diri ke dokter bila keputihan yang dirasakan tidak normal, ya ladies.

Kenapa Keputihan Bisa Bikin Gatal? Bagaimana Mengatasinya?

Baca juga:  Obat Untuk Mengobati Osteosarcoma Pada Anak