Penyebab Terjadinya Lutut yang Suka Bunyi

Diposting pada

Penyebab Terjadinya Lutut yang Suka Bunyi – Bunyi ‘Krek’ yang terdengar menyertai gerakan lutut pada posisi tertentu, dapat di sebabkan oleh bebrapa hal. untuk membedakanya, kami perlu mendapat informasi : Apakan pada saat terdengar bunyi Krek tersebut, di sertai rasa nyeri atau tidak.

Penyebab Terjadinya Lutut yang Suka BunyiBunyi krek yang tidak di sertai rasa nyaeri, dapat di sebabkan oleh : gelembung udara di dalam sendi, regangan (stretc hed) ligmat maupun tendon. Semmentara bunyi Krek yang di sertai rasa nyeri dapat di sebabkan oleh : cedera pada ligament, meniscus, maupun radang sendi (arthritis)

Untuk mendiagnosis keluhan ini, selain informasi yang telah di sampaikan, kami perlu melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang pada lutut anda. Pemeriksaan fisik meliputi beberapa pemeriksaan, yaitu bertujuan untuk mengetahui rentang gerak sendi dan mengevaluasi stabilitas sendi lutut Anda. Pemeriksaan penunjang pada sendi lutut meliputi : Foto rontgen (xray) bertujun untuk mengetahui kondisi tulang atau sendi, Magnetic Resonance Imaging (MIR) bertujuan untuk menetahui keadaan struktur jaringan lunak / non tulang, atau bahkan arthroscopy (teropong sendi) bertujuan untuk melihat secara langsung keadaan sendi lutut Anda menggunakan kamera fiber optic dan ditransmisikan ke layar monitor.

Pemeriksaan-pemeriksaan ini ditunjukan untuk mengetahui penyebab (mendiagnosis) keluhan Anda sehingga dapat dilakukan perencanaan terapi yang tepat dan adekuat.

Glukosamin dan kondrotin adalah suplemen yang baik dikonsumsi setiap hari untuk persendian Anda. Apa bila keluhan anda di sebabkan oleh jaringan lunak/non-tulang (ligamet, meniscus), tentu saja terapinya bukan dengan mengkonsumsi glukosamin dan kondrotin, melainkan dengan mengkonsumsi obat anti radang, melakukan frioterapi atau bahkan dilakukan operasi.

Kami menyarankan anda berkunsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis orthopaedi dan traumatologi di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan advis terapi yang terbaik terhadap keluhan ini.

Artikel Terkait Lainya :

Baca juga:  Cara Mengatasi Lutut Berbunyi Saat Digerakkan

Penyebab Terjadinya Lutut yang Suka Bunyi